logo

Bingung Memilih? Inilah Empat Panduan Membeli Kamera Fujifilm X-Series!

Sudah jadi rahasia umum—popularitas Kamera Fujifilm X-Series kian menanjak dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi dengan semakin gencarnya promosi berikut peluncuran beberapa produk baru yang rasanya, menggiurkan. Nah, bagi Anda yang kelewat bingung untuk memutuskan tipe mana yang harus Anda beli, berikut adalah empat panduan dalam membeli kamera Fujifilm X-Series.

  1. Kenali Kebutuhan

Jangan dulu tergiur pada desain; maupun kapasitas/kemampuan yang ditawarkan. Anda harus terlebih dulu menimbang kebutuhan fotografi Anda—entah untuk pemuas hobi, bergaya modis, atau justru memakainya secara profesional/keperluan kerja.

Jika hanya butuh untuk sekadar “berfoto ria”—mengapa harus membeli seri yang terlampau mahal? Apalagi bila Anda hanya pemula. Harus diingat, bagaimanapun kamera juga membutuhkan perawatan. Jangan sampai terjadi: alih-alih berfungsi dengan baik, kamera justru jadi rusak di tangan yang salah.

  1. Hitung Bujet

Di tengah kualitas maupun popularitasnya yang tinggi—tak bisa diingkari, Fujifilm juga membanderol harga yang lumayan tinggi. Fujifilm X-M1—seri yang paling murah saja, dihargai sekitar Rp7 juta!

Memang, harga tinggi selalu berbanding lurus dengan kualitas. Ada baiknya, bila tak terlalu membutuhkan, Anda bisa membeli seri yang lebih “ramah kantong”. Namun, harus dipahami, karena dibanderol dengan harga lebih rendah, tentu ada “penyesuaian”, termasuk fitur maupun desain.

  1. Sesuaikan Selera

Fujifilm X-Series populer dengan badan kamera yang tidak terlalu besar; berbobot enteng—yang berdampak pada kepraktisan, juga kenyamanan. Sayangnya, pada beberapa orang, menggunakan kamera ini dinilai tidak nyaman—lantaran kurang “mantap” saat digenggam/digunakan untuk mengambil gambar.

Jangan salah, pada banyak seri, kamera jenis ini juga tidak dilengkapi viewfinder; dan kinerja autofocus-nya dinilai agak tertinggal, sehingga dianggap belum cocok untuk memotret subjek yang bergerak cepat.

  1. Jangan Membeli Karena “Ikut-ikutan”

Konsistensi Fujifilm dalam mempertahankan desain tiap kameranya memang semakin membuahkan hasil. Siapa, sih yang tak jatuh cinta dengan sisi kotak—Fujifilm X-Series yang sangat retro?

Tak heran, bila kamera Fujifilm X-Series juga sering kali diikutsertakan ke dalam item fashion tertentu. Meski begitu, harus diingat—jangan pernah memutuskan untuk membeli lantaran “ikut-ikutan”.

Hingga kini, banyak inovasi yang telah dilakukan oleh Fujifilm—terutama dalam peluncuran Fujifilm X-Series-nya, seperti X-10, X-100, X-Pro1, X-E1, X-20, X-M1, dan masih banyak lagi. Namun tetap penting bagi Anda untuk memilih lagi, mana yang paling penting—tentunya berdasarkan empat pertimbangan di atas.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *