logo

Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dikatakan kepada Seorang Fotografer

  1. Emang pekerjaan lo apa? Fotografer? Maksud gue, pekerjaan lo yang sesungguhnya?
  2. Emang dari motret doang uangnya cukup buat hidup?
  3. Boleh dong foto gratisan?
  4. Menarik juga. Gue juga punya kamera DSLR. Berarti gue juga bisa dong jadi fotografer?
  5. Sekarang kan kamera HP juga hasilnya udah bagus. Emang masih butuh fotografer, gitu?
  6. Pantes saja fotonya bagus, kameranya kan bagus!
  7. Kalau gue punya kamera secanggih elo sih, foto gue juga pasti bagus.
  8. Oh, fotografer? Anakku juga seneng difoto, bisa tuh, jadi modelnya.
  9. Oh fotografer yang suka motret konser ya? Boleh dong minta tiket konser gratisan?
  10. Nanti, kalo gue nikah, lo yang potretin ya? Gratis kan ya?
  11. Kok foto mahal sih? Kan cuma jeprat-jepret doang? [—> Kalo mau yang murah, dijepretnya pake karet gelang aja, Bu.]
  12. Eh, anak gue mau ultah. Fotoin ya. Nanti gue promosiin elo deh ke temen-temen yang lain.
  13. Itu, watermarknya bisa diilangin ga?
  14. Orang yang di sebelah sana diilangin ya. Gampang kan, pake Photoshop.
  15. Tolong hilangin jerawat gue di Photoshop ya nanti.
  16. Bikin gue terlihat lebih kurus ya.
  17. Pokoknya gue harus terlihat cantik di foto ya!
  18. Gue cuma butuh fotonya sedikit doang kok. Bentar aja, fotoin ya. Lo ga perlu lama-lama motretnya, kok.
  19. Gue cuma butuh fotonya sedikit doang kok. Ga susah. Elo fotografer jago kan?
  20. Gue cuma butuh fotonya sedikit doang kok. Bisa lebih murah ga feenya?
  21. Kalau minta beberapa foto aja, gratis ga?
  22. Kerjaan lo gampang banget ya, enak. Tinggal mencet tombol doang sana sini.
  23. Kerjaan lo gampang banget ya. Kameranya canggih sih, jadi gitu doang juga fotonya udah pasti bagus.
  24. Hey, piknik bareng yuk semuanya. Eh, lo bawa kamera lo ya. Potretin kita-kita.
  25. Fotonya diposting di Facebook ya. Jangan lupa tag gue!
  26. Bisa ga lo kirimin foto-foto gue tadi ke email?
  27. Apa? Kok tarif elo mahal banget, sih?
  28. Kalau gue edit sendiri fotonya, gue dapet diskon ga?
  29. Kenapa backgroundnya burem banget, sih?
  30. Gue suka foto-foto elo. Bisa ga editin foto gue?
  31. Bisa ga gue minta semua foto yang belum diedit?

 

“No matter how sophisticated the camera, the photographer is still the one that makes the picture.” —Doug Bartlow

 

A photographer went to a socialite party in New York. As he entered the front door, the host said, “I love your pictures. They are wonderful, you must have a fantastic camera.” He said nothing until dinner was finished, then: “That was a wonderful dinner, you must have a terrific stove.” —Sam Haskins

 

“Having an expensive camera doesn’t make you a photographer. It just make you an owner of an overpriced camera.”

 

“If you think it’s expensive to hire a professional photographer, wait until you hire an amateur.”

 

“You don’t take a photograph. You make it.” —Ansel Adams

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *